Beranda » Uncategorized » pengertian dan pemahaman tentang bangsa negara

pengertian dan pemahaman tentang bangsa negara

No 1.Pengertian tentang Bangsa dan Negara?

Jawab:Bangsa adalah Perkumpulan manusia yang bersatu karena bersatunya bahasa dan wilayah  tertentu di muka bumi,sedangkan Negara merupakan Organisasi diantara sekelompok manusia yang menghuni suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya pemimpin atau pemerintahan yang mengurus tata tertib

No 2.Jelaskan teori terbentuknya Negara?

Jawab:Teori terbentuknya Negara dapat dilihat dari 2 sisi,yaitu:

1.Spekulatif

2.Evolusi

Yang pertama  teori yang bersifat spekulatif  meliputi beberapa aspek lainnya:teori teokratis,teori perjanjian masyarakat,dan teori kekuasaan.

-Teori Teokratis  atau disebut juga teori ketuhanan mengatakan bahwa segala sesuatu  di dunia ini adanya karena atas kehendak tuhan,sehingga Negara pada hakekatnya  berdiri atas karena kehendak tuhan.penganut teori ini adalah Fiedrich Julius Stah,yang  menyatakan bahwa Negara tumbuh tidak secara langsung tapi secara berkala,ada prosesnya yang tahap demi tahap dimulai dari keluarga hingga menjadi Negara dan bangsa.

-Teori Perjanjian Masyarakat  mengatakan bahwa Negara terbentuk karena perjanjian yang semula dibuat diantara orang-orang yang tadinya hidup bebas merdeka,terlepas satu sama lain tanpa ikatan kenegaraan .

-Teori Kekuasaan mengatakan bahwa Negara terbentuk didasarkan atas kekuasaan atau kekuatan,misalnya melalui  pendudukan dan penaklukkan.Ditinjau dari teori kekuasaan,munculnya Negara yang pertama kali  bermula dari adanya beberapa kelompok suku yang dipimpin oleh kepala suku.kemudian dari berbagai kelompok tersebut hidup bersaing untuk memperebutukan wilayah,sumber untuk mendapatkan makanan dan lain lain.

Yang ke dua teori yang bersifat Evolusi atau historis merupakan teori yang menyatakan  bahwa  lembaga-lembaga social tidak dibuat,tetapi tumbuh secara evolusioner sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan manusia.

No 3. Jelaskan yang dimaksud dengan unsur Negara?  

Jawab: Unsur-unsur Negara Dari beberapa pendapat mengenai negara tersebut, dapat disimpulkan bahwa negara adalah organisasi yang didalamnya harus ada rakyat, wilayah yang permanen dan pemerintah yang berdaulat (baik ke dalam maupun ke luar). Hal diatas disebut unsur-unsur negara. Unsur-unsur negara meliputi : Rakyat, Wilayah dan Pemerintahan

-Rakyat, yaitu orang –orang yang bertempat tinggal diwilayah itu, tunduk pada kekuasaan negara dan mendukung negara yang bersangkutan

-Wilayah, yaitu daerah yang menjadi kekuasaan negara serta menjadi tempat tinggal bagi rakyat negara. Wilayah juga menajdi sumber kehidupan rakyat negara. Wilayah negara mencakup wilayah darat, laut dan udara

-Pemerintah yang berdaulat, yaitu adanya penyelenggaraan negara yang memiliki kekuasaan menyelenggarakan pemerintahan di negara tersebut. Pemerintah tersebut memiliki kedaulatan baik kedalam maupun ke luar. Kedaulatan ke dalam berarti negara memiliki kekuasaan untuk ditaati oleh rakyatnya. Kedaulatan ke luar artinya negara mmapu mempertahankan diri dari serangan negara lain

4.Jelaskan Bentuk Negara?

Jawab: Bentuk negara ada dua macam yaitu negara kesatuan dan negara serikat. Bentuk negara kesatuan memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Terdapat pemerintah pusat yang memiliki kedaulatan baik ke dalam maupun ke luar.
  • Terdapat satu UUD yang berlaku untuk seluruh wilayah negara.
  • Terdapat satu kepala negara atau pemerintahan.
  • Terdapat satu badan perwakilan rakyat.

  Sedangkan bentuk negara serikat merupakan negara yang terdiri dari beberapa negara bagian dengan satu pemerintah pusat yang memiliki kedaulatan. Namun tiap negara bagian punya kedaulatan ke dalam untuk mengatur wilayahnya masing – masing. Tiap negara bagian punya UUD sendiri, kepala negara, dan badan perwakilan. Kekuasaan pemerintah pusat menyangkut urusan luar negeri, pertahanan dan keamanan, keuangan, dan peradilan.

                                  

5.Pemahaman Demokrasi

A.Jelaskan konsep Demokrasi

B.Jelaskan bentuk demokrasi dalam pengertian system pemerintahan Negara

C.Jelaskan klasifikasi sistem pemerintahan

Jawab:

A.Konsep demokrasi

bagi warga Negara karena system kekuasaan yang berlaku adalah : “Res publica” dari,oleh ,dan untuk rakyat .Demokrasi . Demokrasi merupakan wujud kebersamaan dalam Negara juga merupakan hak sekaligus kewajiban berasal dari bahasa yunani. Yakni kata “Demos” berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan “cratein” atau “demos” yang berate kekuasaan atau kedaulatan, dengan demikian maka demokrasi dapat diartikan kekuasaan atau kedaulatan rakyat.

Walaupun sebenarnya ditinjau dari pemahaman agama bahwa kekuasaan rakyat di bumi adalah kekuasaan rakyat,karena memang pada saat umat manusia diturunkan kebumi sekaligus diserahkan pengaturannya oleh tuhan kepada manusia atau rakyat yang diciptakannya, sedangkan pengertian dalam bahasa yunani tidak hanya mengadopsi  dari agama disesuaikan dengan kehidupan.

            Pemahaman rakyat itu sendiri sebenarnya belum ada kesepakatan karena pada kenyataan komunitas – komunitas tertentu tidak mau disamakan sebagai rakyat

 

B. bentuk demokrasi dalam pengertian sistem pemerintahan Negara

setiap negara mempunyai ciri khas dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat atau demokrasinya. Hal ini ditentukan oleh sejarah negara yang bersangkutan, kebudayaan, pandangan hidup, serta tujuan yang ingin dicapainya. Ada berbagai bentuk demokrasi dalam sistem pemerintahan negara, antara lain:

  • Pemerintah Monarki: Monarki mutlak (absolut), monarki konstitusional, dan monarki parlementer.
  • Pemerintahan Republik: berasal dari bahasa latin Res yang berarti pemerintahan dan Publica yang ebrarti rakyat. Dengan demikian Pemerintahan Republik dapat diartikan sebagai pemerintahan yang dijalankan oleh dan untuk kepentingan orang banyak (rakyat).

C.Klasifikasi Sistem pemerintahan

Klasifikasi Sistem Pemerintahan

Istilah sistem pemerintahan merupakan gabungan dari dua kata, sistem dan pemerintahan. Sistem adalah suatu keseluruhan, terdiri dari beberapa bagian yangmempunyai hubungan fungsional, baik antara bagian-bagian maupun hubungan fungsionalterhadap keseluruhannya, sehingga, hubungan itu menimbulkan suatu ketergantunganantara bagian-bagian yang akibatnya jika salah satu bagian tidak bekerja dengan baik, makaakan mempengaruhi keseluruhannya itu. (Carl J. Friedrich).Sistem pemerintahan di dunia terbagi atas sistem pemerintahan parlementer danpresidensial. Pada umumnya, negara-negara di dunia menganut salah satu dari sistempemerintahan tersebut. Adanya sistem pemerintahan lain dianggap sebagai variasi ataukombinasi dari dua sistem pemerintahan di atas.Penggolongan kedua sistem pemerintahan ini didasarkan pada hubungan antarakekuasaan eksekutif dan legislatif. Digolongkan sebagai sistem pemerintahan parlementerapabila badan eksekutif sebagai pelaksana kekuasaan eksekutif mendapat pengawasanlangsung dari badan legislatif. Sedangkan digolongkan sebagai sistem pemerintahanpresidensial apabila badan eksekutif berada di luar pengawasan langsung legisaltif

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: